Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis

Definisi dan Contoh Makalah Global Warming – Prolog. Makalah haruslah menjadi hal yang familiar bagi mahasiswa/i yang sudah memasuki dunia perguruan tinggi. Baik itu jenjang D1, D2. D3, S1, S2 dan jenjang lainnya. Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang ada, contoh lain karya ilmiah seperti Laporan Tugas Akhir ,Skripsi, Jurnal, dsb. Seperti karya ilmiah yang lain, makalah merupakan hasil pengkajian yang tertulis. Makalah lebih berfokus pada kajian terhadap karya ilmiah lain yang sudah ada, yakni dapat berupa simpulan maupun perbandingan terhadap karya ilmiah lain.

Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis - Makalah merupakan sarana untuk memberikan tambahan point bagi mahasiswa/i, selain terutama untuk melatih kemampuan analitik juga merangsang mahasiswa/i untuk dapat melahirkan suatu pemikiran bagi dunia ilmu pengetahuan. Makalah juga tidak hanya ada di dunia perguruan tinggi, dalam suatu pertrmuan seperti seminar, workshop, simposium juga terdapat makalah.

Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis - Dalam penyusunan suatu makalah, memiliki metode tertentu. Meskipun demikian, makalah memiliki 3 bagian penting seperti karya ilmiah lain. Yaitu bagian awal (pembuka), isi, dan bagian akhir (penutup).

Unsur Makalah (Global Warming dan Lainnya)

Secara lengkapnya, karya ilmiah memiliki rincian sebagai berikut :

Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis - Pertama, bagian pembuka : Berisi hal-hal pelengpa sebelum memasuki bagian isi, contohnya adalah daftar isi, kata pengantar, lembar pengesahan.

Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis - Kedua, bagian Isi : Berisi pokok suatu karya ilmiah, mencakupi : Pendahuluan,Tinjauan Pustaka atau Teori, Metode Penelitian, Hasil Penelitian.

Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis - Ketiga , bagian Penutup : Berisi mengenai Simpulan, saran, daftar pustaka, lampiran-lampiran pendukung

Berpikir Ilmiah Dalam Membuat Makalah

Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis - Selain itu, dalam proses penyusunannya terdapat suatu cara yang dijadikan acuan dalam pembuatan suatu makalah, yakni Berpikir Ilmiah. Secara umum, proses berpikir ilmiah ini terdiri dari 5 pilar :

1. Identifikasi Masalah (menjabarkan tentang suatu masalah, menemukan suatu masalah yang akan dikaji)
2. Pembatasan Masalah (memberikan ruang lingkup pembahasan masalah, agar berfokus pada hal yang akan dikaji)
3. Penyusunan Hipotesis (proses penyusunan jawaban/dugaan sementara terhadap hal yang dikaji)
4. Pengujian Hipotesis (meliputi pengumpulan data dan fakta sebagai sarana pengujian, untuk melakukan pembuktian terhadap hipotesis sementara)
5. Penarikan Kesimpulan (Hasil akhir dari pengujian hipotesis, merupakan jawabab dari hasil penelitian dan kajian yang telah dilakukan)
Nah sekian Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis. Semoga membantu...

Baca yang ini juga ya :)



Terimakasih sudah membaca artikel tentang Contoh Makalah Global Warming - Karya Tulis, bagikan juga kepada teman-teman Anda.